Mengembalikan Posting yang Hilang

Mengembalikan Posting yang Hilang


          Setelah kemarin sempat bingung karena posting di Zona Super Amanhilang semua gara-gara server hosting pindah dan backup yang ada tidak meliputi posting-posting terbaru di blog itu, akhirnya terpikir jugatrik mengembalikan posting hilang ini. Meskipun bersifat akal-akalan, siapa tahu ini bisa dimanfaatkan sebagai jalan terakhir kalau sudah mengalami utek buntu hehehe..
logo google co id Mengembalikan Posting yang HilangMemang sudah seharusnya blogger harus memikirkan langkah antisipasi untuk mengamankan blognya dengan cara backup data maupun backup database sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, kita tidak sampai harus kehilangan posting-posting yang mungkin sangat berharga bagi kita. Sayangnya, karena kebodohan saya, saya malah tidak terpikir sampai disitu.
Cara akal-akalnya adalah sebagai berikut:
Untuk mengembalikan posting blog, saya coba minta bantuan Google dengan mengetikkan site:namablog. (namablog adalah url blog yang ingin kita kembalikan postingnya). Disitu akan muncul daftar posting blog kita yang sudah terindeks oleh Google.
Jangan klik link-nya karena pasti akan menghasilkan error 404. Nothing found for dst, dst.
Kita pakai posting kita yang disimpan oleh google dengan mengklikcached atau tembolok.
Nah, copy aja tampilan posting yang ada. Tenang saja, ini legal karena copy paste blog sendiri (LOL).
Buat posting baru dengan tittle dan url yang sama dengan aslinya, bila perlu tanggal dan jamnya juga disamakan, lalu paste isi posting tersebut. Publish dan beres.
Dengan cara ini, apabila ada pengunjung yang masuk dari google tidak akan kecewa karena tidak menemukan kalimat nothing found for.
Semoga bisa bermanfaat dan semoga anda tidak akan pernah mengalami seperti apa yang saya alami. :)



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 19.21 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar